Beranda | Artikel
Penyebab Situs WordPress Anda tidak Muncul di Google
Selasa, 1 Mei 2018

Situs WordPress Anda tidak Muncul di Google, Mungkin Ini Penyebabnya

Oleh: Joe Minanurrohman

Pengguna WordPress saat ini sangat luar biasa, dan mungkin Anda salah satu diantara yang memakainya. Tentunya sebelum menjatuhkan pilihan menggunakan wordpress Anda sudah mempelajarinya, mulai dari instalasi dan cara mengoptimalkannya.

Ketika situs Anda sudah jadi, Anda tinggal menunggu hasil peringkat di Google. Kalau pengaturan wordpress sudah benar, google akan dengan cepat mengindeks situs Anda. Namun jikalau sudah berhari-hari dan berbulan-bulan tidak menghasilkan apapun di google, Anda perlu curigai kesalahan-kesalahan fatal ketika mensetting situs Anda.

Baik, secara umum inilah penyebab website Anda tidak muncul di google.

  1. Situs Anda Lemah dalam Konten

Penting Anda tahu, Google saat ini lebih mementingkan konten dan link untuk peringkat pencarian. Artinya kalau Anda tidak punya konten bagus maka jangan harap situs Anda akan muncul di halaman. Untuk itu Anda harus mempersiapkan konten-konten sebaik mungkin, salah satunya dengan cara dibawah ini:

  • >> Informatif, artinya situs Anda benar-benar dibutuhkan pembaca untuk belajar sesuatu disana, jangan biarkan mereka terbuang waktu sia-sia. Dan perlu kami ingatkan pembali kepada Anda, tujuan membuat website itu apa dan apa yang kita tawarkan ke pengunjung website nantinya.
  • >> Tata bahasa yang benar, karena pengunjung kita manusia dan bukan robot, maka sajikan situs kita dengan bahasa yang mudah dipahami. Lebih bagusnya sih sesuai EYD.
  • >> Konten yang panjang, buatlah konten minimal 400 karakter, bagusnya lebih dari 1000 karakter. Karena konten yang panjang akan lebih maksimal dalam menjaring kata kunci di google.
  • >> Update konten secara rutin, website yang tidak pernah update konten akan bermasalah dalam pencarian. Upayakan untuk memperbarui konten setidaknya sebulan sekali, dan sebaiknya mingguan. Dengan menyediakan konten yang segar dan berkualitas setiap minggunya, Anda tidak perlu khawatir pada peringkat google.
  1. Berubahnya Permalink

Permalink merupakan tautan permanen dari halaman situs kita. Permalink sedikit banyak mempengaruhi SEO. Jadi jangan remehkan masalah ini.

Jika permalink Anda berupa bit tambahan seperti “? P = 3282949” atau jika mengandung kata depan (misalnya “dan,” “yang,” atau “dengan”), perlu diubah menjadi lebih berbobot dalam kata kunci. Contoh (lihat cetak tebal): https://www.pengusahamuslim.com/tips-menjadi-pebisnis-online-sukses/

Namun, jika Anda salah dalam pengaturan permalink ini maka Google akan kehilangan jejak situs Anda.

Catatan: Jika konten situs sudah banyak, dengan mengubah permalink akan sangat beresiko broken link, situs Anda akan mengalami penurunan drastis. Jadi kami sarankan buat pembaca, agar melakukan setting permalink diawal instalasi wordpress.

  1. Situs tidak Responsif

Separo lebih lalu lintas website berasal dari handphone. Jadi carilah theme yang mudah di akses oleh seluler. Google saat ini lebih menyukai kueri penelusuran berbasis seluler loh. Nah, bisa jadi situs Anda tidak muncul di google karena themenya tidak responsif.

Untuk memeriksa situs web Anda, gunakan alat Pengujian dari google ini => https://search.google.com/test/mobile-friendly .

Alat sederhana, Anda tinggal memasukkan url situs Anda, dan google akan memeriksa seluruh permasalah website Anda.

  1. Situs Tidak Terindeks Google Karena Salah Setting WordPress

Nah, ini kesalahan fatal yang sering terjadi ketika baru pertama memakai wordpress. Karena Anda salah mencetang pengaturannya, dan googlepun tidak mau mengindeks situs Anda. Sekarang coba lihat pengaturan dibawah ini.

Masuk ke dashboard WordPress Anda dan arahkan ke Pengaturan/Setting >> Reading >> Search Engine Visibility. Lalu lihat tulisan “Discourage search engines from indexing this site”

Nah, kalau Anda centang tanda pada kotak itu maka segera Anda buang centangnya, karena ini biang kerok website Anda tidak dirayapi google.

  1. Kegagalan Anda Menaruh Kata Kunci (keyword)

Logika sederhananya begini, ketika orang membuka google dia akan mengetikkan sesuatu yang dicarinya. Nah itu yang namanya “kata kunci”. Kemudian google akan menampilkan beberapa situs yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Disinilah kita harus pintar-pintar membuat konten yang bertarget kata kunci. Berikut ini tips sederhana mengoptimalkan kata kunci: